CSE

Loading

Senin, 06 Januari 2014

Jurnal Tentang Gizi



JURNAL MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN
EVALUASI PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN
ANAK BALITA
EVALUATION OF SUPPLEMENT FEEDING’S PROGRAMME
TO CHILDREN UNDER FIVE YEARS OLD
Lina Handayani, Surahma Asti Mulasari, Nani Nurdianis
Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

ABSTRAK
Latar Belakang
Dalam rangka peningkatan status gizi anak balita di Puskesmas Mungkid, salah satu upayanya adalah dengan mengadakan program pemberian makanan tambahan (PMT) balita. Untuk mengukur keberhasilan program PMT-anak balita diperlukan adanya evaluasi terhadap program. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program PMT-anak balita di Puskesmas Mungkid. Penelitian ini perlu dilakukan dengan alasan masih banyak ditemukan kasus gizi kurang dan untuk mengetahui kinerja pengelola program PMT-anak balita menggunakan standar pedoman petunjuk teknis program yang telah ditetapkan oleh Depkes.
PENGANTAR
Tujuan utama pembangunan nasional adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dilakukan secara berkelanjutan.
BAHAN DAN CARA PENELITIAN
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif berupa penelitian evaluasi dengan rancangan sumatif.
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Dalam bidang kesehatan, evaluasi adalah suatu kegiatan yang penting untuk menilai kualitas, rasionalitas, efektivitas, efisiensi, dan equity pada pelayanan kesehatan.
Input :
1.      Tenaga
2.       Dana
3.      Sarana
4.       Bahan
5.      Metode
6.      Proses
a.       Perencanaan (P1)
b.      Penggerakan  Pelaksanaan (P2)
c.       Pengawasan Pengendalian dan Penilaian (P3)
Output

KESIMPULAN DAN SARAN
Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ketersediaan input dalam pengelolaan program PMT- anak balita di puskesmas seperti ketersediaan bahan paket, metode serta tenaga sebagai pengelola program telah sesuai dengan buku pedoman petunjuk teknis program Depkes, ketersediaan dana telah cukup dalam pengadaan bahan paket sedangkan ketersediaan sarana masih kurang. Pelaksanaan program PMT-anak balita di Puskesmas Mungkid Magelang belum dapat dilaksanakan sesuai dengan pedoman dan petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh Depkes.
mau lihat file aslinya klik disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar